Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musik Keroncong Milenial Terbaru - Cinta Ini Gemblung - Gusfu & Keroncong


Musik Keroncong Milenial Terbaru - Cinta Ini Gemblung - Gusfu & Keroncong

Judul: Cinta Ini Gemblung
Ciptaan: Gus Fuad Plered

Cinta ini gila, Cinta ini gila
Cinta ini gila, Cinta ini gila
Gandrung pancen gemblung, Gandrung pancen gemblung
Gandrung pancen gemblung, Gandrung pancen gemblung

Aku pun gila karena cintamu
Aku pun gila dengan cintamu
Kula nggih gemblung dalam cintamu
Kula nggih gemblung bersama cintamu

Reff :
Biar gila asal bahagia
Biar gila asal bahagia
Gemblung gemblung gemblung gemblung
Gila gila gila gila


SEBUAH IJITHAD SENI DALAM DUNIA KERONCONG HARI INI

Jika kita menyimak lagu-lagu keroncong “tempo doeloe” maka sekurangkurangnya ada tiga macam “Sub-genre” dalam bermusik keroncong yang biasa kita temui. Yang pertama adalah lagu-lagu yang masuk dalam kategori Stambul, yang ke dua adalah lagu-lagu yang termasuk jenis langgam keroncong dan yang ketiga adalah jenis lagu yang termasuk dalam kategori keroncong asli (untuk membedakan jenis musik keroncong dengan campursari yang merupakan genre musik tersendiri).

Ketiga “Sub-genre” dalam musik keroncong itu sendiri masing-masing mempunyai bentuk template (progresi cord) yang berbeda dan baku sehingga menunjukkan suatu lagu akan termasuk dalam kategori apa atau ada di wilayah yang mana. Pakem (Pembakuan) progresi cord – yang pada gilirannya nanti mencerminkan corak dan narasi sebuah lagu ini ternyata justru menjadi salah satu sebab dari matinya kreatifitas penciptaan lagu-lagu baru dalam dunia keroncong dewasa ini. Hal ini membuat musik keroncong sebagai sebuah genre yang mempunyai keunikan ideologi tersendiri – terdeformasi menjadi situs-situs sejarah dan kebudayaan kita hari ini. Para pekerja seni di dalamnya-pun tak lebih dari pustakawan-pustakawan tua yang bertugas menjaga dan mempertahankan romantisme masa lalu. Tentu ini tidaklah sehat. Sebab seni ada untuk hidup dan menghidupi.

Berawal dari kondisi semacam inilah GusFu dan Keroncong Milenial menginisiasi suatu komunitas yang menjadi wadah untuk beraktivitas bagi para pecinta musik keroncong tanah air. Disini anda boleh membongkar kejumudan – kejumudan dalam ranah musik ini, sambil – kalau mau – bernostalgia dengan masa lalu. Bersandar pada paradigma seperti inilah GusFu dan Keroncong Milenial meluncurkan “single” pertama yang tentunya keluar dari pakem – pakem lagu keroncong yang pernah ada sebelumnya.

Terlepas dari baik dan buruk, ditolak atau diterima, main stream maupun sempalan, Cinta Ini Gemblung terlahir dari sebuah ideologi seni yang telah sekian lama mati suri oleh dirinya sendiri. Setelah era Mooi-Indie, lahirlah jenius-jenius yang membawa nafas baru yang merubah paradigma lama dalam dunia seni rupa kita. Apakah hal itu akan terjadi dalam dunia musik keroncong hari ini? Mungkin itulah pertama-tama yang mesti kita sendiri dan kemudian layak untuk kita apresiasi. Selamat Menikmati.

Penulis kuratorial: Yusron Mudzakir

Posting Komentar untuk "Musik Keroncong Milenial Terbaru - Cinta Ini Gemblung - Gusfu & Keroncong"